Langsung ke konten utama

CHEMISTRY FUNDAMENTALS

Untuk memahami chemical yang digunakan di paper making proses, maka kita perlu memperkuat dasar pelajaran kimia yang kita fahami. Khususnya dalam sekala sub atomik. Maka dari itu pada artikel kali ini akan saya sajikan istilah" yang sering digunakan dalam industri pulp and paper, Khususnya pada chemical preparation in paper making proses. selamat membaca :)

Atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur. Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dikelilingi oleh bermuatan negatif elektron. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron).
Contoh atom :
  • Sodium (Na)
  • Oksigen (O)
  • Hidrogen (H)

Molekul

Molekul adalah kumpulan dua atom atau bahkan lebih yang ada didalam suatu susunan tertentu yang terikat oleh gaya kimia atau ikatan kimia. Molekul dapat terbentuk dari jenis atom yang sama, dapat juga terbentuk dari jenis yang berbeda.
Contoh molekul :
  • Air (H20)
  • Gas hidrogen (H2)
  • Gas oksigen (O2)

Ion

Atom atau molekul dapat menerima atau kehilangan satu atau beberapa elektron, sehingga jumlah total elektron tidak sama dengan jumlah total proton. Atom dan molekul yang bermuatan disebut ion. Ion bisa dapat bermuatan positif atau negatif. Kation adalah ion bermuatan positif, sedangkan anion adalah ion bermuatan negatif.
Contoh Ion :
  • Dalam natrium klorida (NaCl) ada natrium yang bermuatan positif ion (Na +) dan ion klorida bermuatan negatif (Cl -).
  • Dalam air (H2O) ada ion hidrogen bermuatan positif (H +) dan ion hidroksida bermuatan negatif (OH-).


Asam dan Basa

Pada jumlah yang sama, ion hidrogen (H +) dan ion hidroksida (OH-) bersifat netral.

Lebih banyak H + daripada OH- dalam larutan air menghasilkan larutan asam. Asam memiliki sejumlah besar ion hidrogen bebas.

Lebih banyak OH- daripada H + dalam larutan air menjadikan larutan basa. Basa memiliki sejumlah besar ion hidroksida bebas.

Salt

Ketika suatu larutan asam dan larutan basa saling menetralkan satu sama lain, maka sebuah salt (garam) akan terbentuk. Pada saat yang sama ion hidrogen dan hidroksida membentuk air.
Contoh :
NaOH + HCl ---------> NaCl + H20

pH

pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Pengukuran ini dilakukan dengan menghitung jumlah ion hidrogen (H +) dalam suatu larutan.

  • Dalam larutan netral pH adalah 7.
  • Dalam larutan asam pH kurang dari 7.
  • Dalam larutan alkali/basa pH lebih dari 7.

Monomer

Monomer adalah individual molekul yang berikatan kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun suatu polimer yang panjang.

Polimerisasi

Reaksi berantai antara sejumlah monomer untuk membentuk makro molekul (suatu polimer).

Polimer

Polimer adalah molekul makro, yang dibangun dari sejumlah besar monomer, yang mungkin identik mungkin juga berbeda.

Polimer dapat berupa linear polymer (polimer lurus) atau branched polymer (polimer bercabang).

Polimer alami

Polimer alami adalah polimer yang ada di alam
Contoh : selulosa

Polimer sintetis

Polimer sintetik adalah polimer yang diproses secara kimia.
Contoh : poly acrylic amide

Tingkat polimerisasi (Polymerisation degree)

Pengukuran berapa banyak monomer yang telah membentuk suatu molekul polimer. Jumlah monomer dalam molekul tinggi polimer bisa lebih dari 100.000.

Referensi :

Ebook CEPATEC AB Knut-Erik Persson

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pembuatan Kertas (Paper Making Proses)

Proses pembuatan kertas pada dasarnya memiliki dua tahap yaitu, stock preparation (penyediaan stock) dan paper machine (pembentukan lembaran). Salah satu bagian dari stock preparation adalan approach flow system (pengaturan aliran). paper machine di bagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu wet end dan dry end. Stock Preparation Stock preparation (SP) merupakan awal proses pembuatan kertas dimana bahan – bahan serat diproses menjadi buburan pulp yang siap dibuat menjadi lembaran kertas. Tahapan proses dalam stock preparation meliputi, penguraian pulp, pembersihan, penggilingan, pencampuran, dan pengkondisian sebelum dikirim ke headbox. Stock preparation dimulai dari pulper hingga headbox. Pulper Proses pertama yaitu penguraian lembaran pulp menggunakan pulper. Pulper adalah tempat penguraian dari padatan pulp menjadi buburan pulp (Stock). Pulp dapat terurai akibat adanya interaksi antara serat dan agitator pulper, serat dengan dinding pulper, dan serat dengan serat lainnya. Ko

Macam-Macam Mesin Kertas

Desain mesin kertas biasanya bervariasi di setiap pabrik, tergantung tipe akhir kertas yang mau dihasilkan. Walaupun jenisnya berbeda-beda tetapi akan selalu ada forming section, press section dan drying section. Forming section Forming section berfungsi untuk membentuk Lembaran kertas yang keluar dari headbox. Serat-serat dalam stok diarahkan searah mesin (MD) kemudian menyebar ke silang mesin (CD), dan selama pembentukan formasi serat-serat itu juga mengalami proses dewatering (pengurangan kadar air). Forming section memiliki 2 bagian utama, yaitu : headbox sederhana dengan roll berlubang wire tipis tempat kertas terbentuk ilustrasi mesin fourdrinier Mesin kertas sederhana tersebut diatas dinamakan mesin Fourdrinier, mesin ini kebanyakan ditemukan di kertas bekas, kraft dan di pabrik kertas karung. ilustrasi mesin hybrid Untuk meningkatkan dewatering, pada mesin Fourdriner sering ditambahkan top wire di wire Fourdrinier. Ini sangat umum pada mesin yang

Wet Streng Agent

Wet strength agent merupakan bahan kimia tambahan yang hanya digunakan pada beberapa jenis kertas tertentu seperti facial tissue, towel paper, dan lain – lain. Penambahan wet strength agent ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik pada kertas ketika kondisi basah. Wet strength agent harus memiliki kemampuan berikatan dengan serat maupun dengan wet strength agent itu sendiri. Wet strength harus dapat terdispersi dalam air, reaktif, dan memiliki afinitas yang baik terhadap serat. Wet strength kertas memiliki peranan yang sangat penting karena memiliki kaitan erat dengan kelancaran mesin kertas terutama pada bagian pengepresan. Wet strength agent memiliki banyak jenisnya, diantaranya : Urea formaldehyde Melamine formaldehyde Polyamidoamine epichlorohydrin (PAAE) karena keterbatasan ilmu serta pengalaman, maka admin hanya bisa menjelaskan 1 jenis saja, yaitu Polyamidoamine epichlorohydrin (PAAE) PAAE PAAE merupakan salah satu wet strength agent yang cocok dig